banner image

Program Beasiswa Politeknik Manufaktur Astra Tahun Akademik 2018/2019

Gambar dari polman.astra.ac.id
Selamat Sore dan salam sejahtera semua calon tenaga kerja. Biasanya kami memosting berita tentang informasi lowongan pekerjaan namun kali ini sedikit berbeda tentang Program Beasiswa Politeknik Manufaktur Astra. Biasanya setiap tahun selalu saja PT. Astra membuka kesempatan bagi para pencari kerja khususnya lulusan SMK. Astra Daihatsu Motor dan Astra Honda Motor adalah contoh perusahaan cabang dari Astra Group yang sangat familiar ditelinga para pencari kerja karena setiap tahun perusahaan tersebut selalu membuka lowongan pekerjaan sehingga banyak asumsi yang mengatakan bahwa jika mendangar kata Astra maka pemikiran para pencari kerja maupun siswa SMK sederajat akan mengarah pada dua perusahaan besar tersebut. Namun sebelum pembahasan kali ini menjerumus kesana kami akan kembali mengerucutkan pembahasan artikel kali ini mengenai Beasiswa Pendidikan yang di kelola oleh Astra Group dan Program ini dinamakan Program Beasiswa Politeknik Manufaktur Astra Tahun Akademik 2018/2019.


Tentang Politeknik Manufaktur Astra


Pada tahun 1995, PT Federal Motor, atau PT Astra Honda Motor saat ini, mendirikan Federal Bina Ilmu Foundation yang mengawasi Akademi Teknik Federal untuk memberikan solusi tenaga kerja yang membutuhkan tenaga kerja yang andal dan terampil, terutama di industri sepeda motor. Seiring dengan perkembangan bisnis, Yayasan Federal Bina Ilmu beralih ke Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) dan Akademi Teknik Federal menjadi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra). YABI melalui Polman Astra sejak 2009 telah memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi dari seluruh Indonesia, dengan beasiswa diberikan 35% dari total kapasitas setiap tahunnya. Pada tahun 2012, Polman Astra telah menamatkan 218 siswa termasuk 48 siswa beasiswa yang diberikan dari 6 provinsi di Indonesia.

Politeknik binaan Astra ini merupakan salah satu favorit tujuan lulusan SMK karena nama besar Astra yang membuat frame berpikir peserta didik lebih mantap dalam memilih dibanding politeknik swasta pada umumnya. karena merasa lebih terjamin dan terpercaya. Visi dari Politeknik ini adalah "Menjadi politeknik terbaik di Indonesia" seakan mulai terwujud karena fasilitas sarana prasana sampai beasiswa disediakan dengan baik oleh Politeknik ini. Sedangkan misi dari politeknik ini adalah :
Untuk menghasilkan D3 profesional di bidang otomotif dan sumber daya alam, termasuk pengembangan pola pikir QCDI, disiplin, kemampuan belajar, dan kesiapan untuk beradaptasi dengan tantangan global.
QCDI sendiri maknanya ialah Quality, Cost, Delivery & Inovation (kualitas, biaya, pengiriman & inovasi) hampir setiap perusahaan terutama perusahaan Manufakturing menerapkan konsep QCDI ini agar dapat bersaing dan mengungguli perusahaan saingannya.

Program Beasiswa Politeknik Manufaktur Astra Tahun Akademik 2018/2019

Bersama ini kami informasikan brosur PMB Program Beasiswa Astra tahun 2018 untuk dapat disebarluaskan kepada yang membutuhkan. Pendaftaran terbuka untuk umum sesuai dengan persyaratan program beasiswa. Ya itu adalah kata pembuka dari astra untuk semua kalangan masyarakat dengan harapan informasi tersebut dapat tersebar luas.
Lalu bagaimana persyaratan untuk dapat mendapatkan beasiswa di Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), Persyaratan untuk program beasiswa adalah sebagai berikut :
  1. Warga Negara Indonesia, usia maksimal 19 tahun, dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga.
  2. Lulusan SMA/SMK tahun 2018 atau saat ini sedang menempuh kelas XII (dibuktikan dengan surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2017/2018 yang ditandatangani Kepala Sekolah).
  3. Lebih diutamakan siswa SMA jurusan MIPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi.
  4. Nilai rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan Xl berada pada rata rata minimal 8,0 (B+) dan tidak ada nilai di bawah 8,0 (B+), untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris.
  5. Menunjukkan bukti penghasilan orangtua berupa slip gaji (surat keterangan penghasilan) atau surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang (dibawa saat seleksi wawancara).
  6. Melakukan pendaftaran secara online.
  7. Mengunggah pas foto berwarna (bentuk portrait berpakaian formal) dengan ukuran file maksimum 500KB.
  8. Mempersiapkan dokumen rekening listrik bulan terakhir (dibawa saat seleksi wawancara).
  9. Mempersiapkan dokumen surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2017/2018 (surat diterbitkan bulan Februari 2018 dan dibawa saat seleksi wawancara).
  10. Tidak sedang atau akan mendapat beasiswa dari sumber lain.
  11. Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait paru-paru, hati dan jantung) dan rohani serta tidak buta warna.
  • Untuk pilihan program studi Pemeliharaan Mesin Otomotif (Otomotif), tidak memiliki masalah indra pendengaran. 
  • Khusus untuk program studi Pemeliharaan Mesin Otomotif (Alat Berat), tidak memiliki masalah indra pendengaran, diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm.

Persyaratan administrasi ini menjadi acuan utama untuk proses selanjutnya. Peserta yang tidak memenuhi persyaratan umum akan digugurkan dari proses seleksi.
Program yang bisa dipilih antara lain :
  • Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi
  • Teknologi Manufaktur (Industri Manufaktur Umum)
  • Teknologi Manufaktur (Industri Manufaktur Kelapa Sawit)
  • Sistem Informasi
  • Mekatronika
  • Pemeliharaan Mesin Otomotif (Otomotif)
  • Pemeliharaan Mesin Otomotif (Alat Berat)

Apa saja syarat untuk menjadi mahasiswa di Polman Astra?
  1. Lulusan SMA/SMK sederajat dari semua jurusan (khusus program beasiswa, pendaftar adalah siswa yang saat ini duduk di kelas XII dan akan lulus tahun 2018).
  2. Berusia tidak lebih dari 24 tahun pada bulan September 2018 (khusus program reguler).
  3. Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna (berdasarkan hasil seleksi tes kesehatan).
  4. Mengisi formulir pendaftaran lengkap di http://pmb.polman.astra.ac.id dan membayar biaya pendaftaran (khusus untuk program reguler) ke nomor rekening virtual account yang Anda peroleh saat proses pendaftaran di website. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan ke cabang Bank Permata terdekat.
  5. Lolos seluruh tahapan tes / seleksi PMB.
Nah demikian informasi tentang Program Beasiswa Politeknik Manufaktur Astra Tahun Akademik 2018/2019 semoga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membaca. jika masih memerlukan keterangan lebih silahkan kunjungi website resminya di pmb.polman.astra.ac.id/PMB/home.aspx . Apabila masih bingung cara mendaftar online nya silahkan ikut pada tautan Panduan Pendaftaran Online dan jika masih memerlukan pertanyaan tambahan silahkan kunjungi tautan FAQ.
Selamat Sore dan Salam Sukses


Program Beasiswa Politeknik Manufaktur Astra Tahun Akademik 2018/2019 Program Beasiswa Politeknik Manufaktur Astra Tahun Akademik 2018/2019 Reviewed by Unknown on 5:06 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.